Forum Group Discussion (FGD) Penyusunan Nilai Kokurikuler di Rapor Kurikulum 2025 (RDM)

 


FGD Penyusunan Nilai Kokurikuler di Rapor Kurikulum 2025 (RDM) MI AL Husna dilaksanakan pada hari Kamis 11 Desember 2025. Kegiatan ini dilakukan mengingat perlunya forum bagi guru untuk melakukan diskusi penyusunan nilai Kokurikuler di RDM pada akhir Desember 2025 ini.

Tema FGD: Merumuskan Ketentuan Penilaian dan Pelaporan Kokurikuler dalam Implementasi Kurikulum 2025 di RDM Kementerian Agama MI AL Husna

Tujuan FGD:

  • Menyamakan persepsi tentang konsep dan peran kegiatan kokurikuler dalam Kurikulum 2025.
  • Merumuskan kriteria, metode penilaian, dan mekanisme pelaporan nilai kokurikuler di Rapor Digital Madrasah (RDM)/e-Rapor.
  • Menyusun perencanaan kegiatan kokurikuler yang selaras dengan tujuan pembelajaran intrakurikuler dan dimensi Profil Pelajar Pancasila (P5).

Peserta FGD: Kepala Madrasah, Koord Kurikulum, Guru Kelas, Wali Kelas dan Guru Mapel, serta Staf TU.

Agenda 

Sesi 1: Pemahaman Konsep dan Urgensi Kokurikuler (60 menit)

  • Sesi ini bertujuan untuk membangun pemahaman bersama mengenai landasan filosofis dan teknis kokurikuler.
  • Topik Diskusi:
  • Pengertian dan Batasan Kokurikuler: Membedakan secara tegas antara kokurikuler (penguatan/pendalaman intrakurikuler) dan ekstrakurikuler (minat/bakat) berdasarkan Panduan Kokurikuler resmi.
  • Peran dalam Kurikulum 2025: Membahas bagaimana kegiatan kokurikuler menjembatani teori dengan praktik dan berkontribusi pada pencapaian kompetensi serta karakter siswa.
  • Regulasi dan Panduan: Review singkat dokumen terkait (misalnya, Panduan Kokurikuler Kemendikbudristek/Kemenag) sebagai dasar hukum pelaksanaan di sekolah/madrasah.
  • Sasaran Hasil: Kesepahaman konsep dan fungsi kokurikuler.

Sesi 2: Perencanaan dan Penyelarasan Kegiatan Kokurikuler (90 menit)

  • Sesi ini fokus pada aspek implementasi di lapangan.
  • Topik Diskusi:
  • Identifikasi Kebutuhan Belajar: Mendiskusikan cara mengidentifikasi kegiatan kokurikuler yang relevan dengan mata pelajaran dan isu lokal.
  • Penyelarasan dengan Alokasi Waktu dan Tema/Proyek: Menentukan mekanisme penjadwalan dan pengorganisasian kegiatan (misalnya, per tema, per semester, atau insidental).
  • Penetapan Tujuan Pembelajaran & Dimensi P5/DPL: Merumuskan tujuan spesifik untuk setiap kegiatan kokurikuler dan menghubungkannya dengan dimensi Profil Pelajar Pancasila (P5) atau Dimensi Profil Lulusan (DPL di RDM Madrasah) yang relevan.
  • Sasaran Hasil: Daftar rancangan kegiatan kokurikuler untuk satu semester/tahun ajaran.

Sesi 3: Mekanisme Penilaian dan Input Data ke RDM/e-Rapor (90 menit)

  • Ini adalah sesi teknis untuk memastikan konsistensi dalam penilaian dan pelaporan.
  • Topik Diskusi:
  • Kriteria dan Instrumen Penilaian: Menentukan kriteria keberhasilan dan instrumen yang akan digunakan (misalnya, observasi, jurnal, portofolio, rubrik).
  • Skala Penilaian: Menyamakan persepsi tentang penggunaan skala nilai (angka/deskripsi) dan konversinya jika diperlukan.
  • Peran Pendidik dan Koordinator: Menjelaskan tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak (guru mata pelajaran, koordinator, wali kelas) dalam proses penilaian.
  • Prosedur Input RDM: Membahas langkah teknis pengisian data nilai kokurikuler di aplikasi RDM, termasuk pengisian deskripsi berdasarkan DPL.
  • Sasaran Hasil: Standar operasional prosedur (SOP) penilaian dan input nilai kokurikuler.

Sesi 4: Evaluasi dan Tindak Lanjut (30 menit)

  • Sesi penutup untuk merangkum hasil dan menetapkan langkah berikutnya.
  • Topik Diskusi:
  • Perumusan Kebijakan Internal: Mengesahkan hasil FGD menjadi kebijakan/panduan internal sekolah/madrasah.
  • Sosialisasi Hasil: Merencanakan sosialisasi panduan kepada seluruh warga sekolah dan orang tua/wali.
  • Jadwal Review Berkala: Menetapkan jadwal evaluasi berkala terhadap implementasi kebijakan kokurikuler.
  • Sasaran Hasil: Notulensi hasil FGD yang disetujui bersama dan rencana tindak lanjut yang konkret.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Adbox